Suasana Belajar yang Nyaman dan Kondusif

Udara dan suasana pedesaan yang segar dan nyaman merupakan salah satu pendukung kegiatan pembelajaran di SMP PGRI 4 Kromengan. Lingkungan masyarakat yang guyup - rukun memberi pengaruh tersendiri bagi kegiatan belajar para siswanya.

Sarana - Prasarana

Gedung SMP PGRI 4 Kromengan yang representatif ikut mendukung kegiatan belajar mengajar bagi guru dan siswa. Beberapa sarana penunjang lainnya diantaranya Lab. IPA, Lab. TIK, Perpustakaan dan sarana lainnya.

Kegiatan Siswa

Kegiatan siswa yang dilakukan ditujukan untuk membentuk karakter siswa serta agar tidak melupakan jati diri bangsa.

Cerdas Berbudaya - Berbudaya secara Cerdas

Setiap kegiatan sekolah diupayakan selalu melibatkan unsur - unsur kebudayaan lokal. Hal ini dilakukan dengan harapan kebudayaan di Jambuwer (Kearifan Lokal) dapat ikut meningkatkan karekter dan prestasi siswa.

Joint Us at Facebook Page

Temui teman - teman anda di halaman Facebook SMP PGRI 4 Kromengan

Angket EDS Padamu Negeri untuk Kepala Sekolah

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KS.1.1
Jumlah penghargaan yang diraih sekolah pada tingkat kabupaten/kota pada satu tahun terakhir adalah

KS.1.2
Jumlah penghargaan yang diraih sekolah pada tingkat propinsi pada satu tahun terakhir adalah

KS.1.3
Jumlahpenghargaan yang diraih sekolah pada tingkat nasional pada satu tahun terakhir adalah

KS.1.4
Jumlah penghargaan yang diraih sekolah pada tingkat internasional pada satu tahun terakhir adalah



STANDAR ISI

KS.2.3
Program layanan bimbingan yang dimuat dalam kurikulum sekolah bapak/Ibu mencakup

  • Pengembangan kepribadian peserta didik

  • Pengembangan sosial peserta didik

  • Pengembangan belajar peserta didik

  • Berkenaan masalah karier peserta didik

  • tidak ada jawaban yang sesuai

KS.2.4
Dokumen data yang dikembangkan di sekolah sebagai pendukung program pelayanan bimbingan dan konseling yang termuat dalam kurikulum sekolah adalah

  • dokumen tata tertib sekolah

  • data peserta didik,

  • dokumen asesmen autentik peserta didik

  • dokumen permasalahan belajar peserta didik

  • tidak ada jawaban yang sesuai

KS.2.8
Penelaahan kurikulum yang dilakukan oleh sekolah dilengkapi dengan

  • Laporan tertulis berupa daftar rekomendasi perbaikan kurikulum.

  • Laporan tertulis berupa laporan hasil kegiatan riviu kurikulum (lengkap dengan lampiran yang relevan)

  • Tidak ada laporan, karena sekolah tidak melakukan riviu kurikulum



STANDAR PROSES

KS.3.32
Cara bapak/ibu dalam melakukan pemantauan kegiatan pembelajaran oleh guru adalah melalui

  • Diskusi kelompok terfokus

  • Pengamatan

  • Pencatatan

  • Perekaman

  • Wawancara

  • Dokumentasi

  • tidak ada jawaban yang sesuai



STANDAR PENILAIAN

KS.4.2
Dalam merancang penilaian, guru di sekolah bapak/ibu menggunakan:

  • pedoman penilaian

  • kriteria ketuntasan hasil belajar

  • pedoman penskoran termasuk rubrik penilaian

  • petunjuk tentang pengolahan nilai dan KKM

  • tidak ada jawaban yang sesuai

KS.4.8
Sekolah menyelenggarakan rapat dewan pendidik untuk:

  • menentukan kriteria kenaikan kelas bagi sekolah yang menggunakan sistem paket

  • menentukan nilai akhir kelompok mata pelajaran estetika, pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan

  • memetakan permasalahan yang dihadapi sekolah

  • tidak ada jawaban yang sesuai

KS.4.9
Untuk menjamin kesahihan instrumen penilaian, guru di sekolah bapak/ibu melakukan langkah-langkah berikut :

  • menyusun kisi-kisi instrumen

  • menyusun soal berdasarkan kisi-kisi soal

  • melakukan analisis kesesuaian instrumen penilaian dengan kompetensi yang diukur (uji validitas)

  • menggunakan butir soal yang sudah dianalisis untuk penilaian hasil belajar

  • tidak ada jawaban yang sesuai

KS.4.17
Penyampaian laporan hasil evaluasi mata pelajaran serta hasil penilaian setiap peserta didik disampaikan pada kepada Kepala Sekolah pada

  • akhir semester dalam bentuk laporan hasil prestasi belajar peserta didik

  • akhir tahun dalam bentuk laporan hasil prestasi belajar peserta didik

  • Tidak dilaporkan

KS.4.18
Laporan yang disampaikan Kepala Sekolah/Madrasah kepada orang tua peserta didik dan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau Kandepag pada setiap akhir semester adalah

  • Ulangan Akhir Semester (UAS)

  • Ulangan Kenaikan Kelas (UKK)

  • Ujian Akhir (US/UN)

  • tidak ada jawaban yang sesuai

KS.4.19
Setelah melakukan penilaian hasil belajar, guru melakukan:

  • Analisis penilaian hasil belajar

  • Program pebaikan/pengayaan

  • Revisi RPP untuk perbaikan proses pembelajaran berdasarkan analisis penilaian hasil belajar

  • tidak ada jawaban yang sesuai

KS.4.21
Kegiatan yang dilakukan sekolah terkait dengan hasil ujian nasional (UN) dan ada buktinya di sekolah adalah

  • Pelatihan guru

  • Memperbaiki bahan ajar

  • Melakukan remedial

  • Memperbaiki RPP secara kolektif

  • Menyusun instrumen penilaian yang berkualitas

  • tidak ada jawaban yang sesuai



STANDAR PTK

KS.5.4
Aktifitas guru yang dilakukan di sekolah di luar jam mengajar antara lain

  • Melakukan kegiatan administrasi

  • Berdiskusi dengan kelompok guru mata pelajaran untuk peningkatan mutu proses pembelajaran

  • Melakukan refleksi kegiatan pembelajaran dan membuat perbaikan RPP

  • Menelaah laporan tugas dan hasil ujian peserta didik

  • Membaca untuk persiapan mengajar

  • Merancang dan membuat media atau alat peraga untuk kegiatan pembelajaran

  • Mengumpulkan dan mempelajari berbagai informasi untuk membuat bahan ajar

  • Membuat instrumen evaluasi untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku

  • tidak ada jawaban yang sesuai



STANDAR PENGELOLAAN

KS.6.1
Hal yang dijadikan pertimbangan dalam penyusunan visi dan misi sekolah

  • Analisis kebutuhan internal stakeholder

  • Analisis kebutuhan eksternal stakeholder

  • Hasil analisis profil sekolah

  • Hasil evaluasi diri sekolah

  • Standar Kompetensi Lulusan

  • tidak ada jawaban yang sesuai

KS.6.2
Ukuran kompetensi lulusan yang mencerminkan keterwujudan visi, keterlaksanaan misi dan ketercapaian tujuan sekolah adalah:

  • Persentase pencapaian kompetensi lulusan sesuai dengan standar minimal kelulusan sekolah

  • Kompetensi lulusan relevan dengan kebutuhan pemangku kepentingan

  • Persentase jumlah peserta didik yang mencapai SKL

  • tidak ada jawaban yang sesuai

KS.6.4
Penyusunan rencana kerja sekolah (baik RKS maupun RKA-S) dilakukan dengan cara

  • Mempertimbangkan masukan dari komite sekolah

  • Analisis kebutuhan berdasarkan hasil evaluasi diri sekolah

  • Diketahui oleh dinas pendidikan kab/kota atau oleh penyelenggara sekolah bagi sekolah swasta

  • tidak ada jawaban yang sesuai

KS.6.5
Upaya pengembangan karier guru yang telah dilakukan adalah

  • promosi guru berdasarkan asas kemanfaatan, kepatutan, dan profesionalisme

  • pengembangan guru yang diidentifikasi sesuai dengan aspirasi individu dan kebutuhan kurikulum

  • penempatan guru sesuai dengan kebutuhan baik jumlah dan kualifikasinya dengan menetapkan aspek prioritas

  • tidak ada jawaban yang sesuai

KS.6.6
Aspek-aspek apa saja yang diuraikan dalam rencana kerja tahunan yang dimiliki sekolah Bapak/Ibu?

  • Kesiswaan

  • Kurikulum dan kegiatan pembelajaran

  • Pendidik dan tenaga kependidikan

  • Sarana dan prasarana

  • Keuangan dan pembiayaan

  • Budaya dan lingkungan sekolah

  • Peran serta masyarakat dan kemitraan

  • Rencana kerja untuk peningkatan mutu

  • tidak ada jawaban yang sesuai

KS.6.7
Pedoman pengelolaan sekolah yang dimiliki:

  • Kurikulum

  • Kalender pendidikan

  • Struktur organisasi sekolah

  • Pembagian tugas guru

  • Pembagian tugas tendik

  • Peraturan akademik

  • Tata tertib sekolah

  • Kode etik sekolah

  • Biaya operasional sekolah

  • tidak ada jawaban yang sesuai

KS.6.8
Pihak-pihak yg terlibat dalam pengambilan keputusan di sekolah adalah

  • Kepala sekolah

  • Guru

  • Orang Tua Peserta didik

  • Pemerintah daerah

  • Dunia usaha dan dunia industri

  • Alumni

  • Tokoh masyarakat

  • Ketua Yayasan (untuk sekolah swasta)

  • tidak ada jawaban yang sesuai

KS.6.9
Pihak pemangku kepentingan yang dilibatkan dalam pengembangan dan penetapan visi, misi, dan tujuan sekolah Bapak/Ibu

  • Komite sekolah

  • Dinas pendidikan

  • Pakar pendidikan

  • Dewan guru

  • tidak ada jawaban yang sesuai

KS.6.12
Kapan sekolah bapak/ibu mereviu visi/misi sekolah :

  • Tidak pernah

  • Kurang dari 4 tahun sekali

  • 4 tahun sekali

  • Sesuai kebutuhan

KS.6.13
Penyusunan program peningkatan mutu sekolah berdasarkan pada:

  • Evaluasi diri sekolah

  • Kelulusan peserta didik

  • Akreditasi sekolah

  • tidak ada jawaban yang sesuai

KS.6.14
Program pengawasan dan evaluasi yang disusun dan dilakukan di sekolah bapak/Ibu meliputi

  • pemantauan

  • supervisi

  • evaluasi

  • pelaporan

  • tindak lanjut

  • tidak ada jawaban yang sesuai

KS.6.15
Program pengawasan pelaksanaan akademik internal sekolah yang bapak/ibu lakukan meliputi evaluasi:

  • Kehadiran guru dan peserta didik

  • Ketersediaan dokumen perencanaan pembelajaran yang dikembangkan guru

  • Sumber belajar yang digunakan guru

  • Efektivitas pembelajaran yang dilaksanakan guru

  • tidak ada jawaban yang sesuai

KS.6.16
Upaya tindak lanjut kepala sekolah terhadap hasil temuan supervisi dilakukan melalui:

  • Mengontrol kesesuaian mekanisme pelaksanaan program/kegiatan

  • Melakukan penyamaan persepsi ketua dan pelaksana kegiatan

  • Melakukan pendampingan dalam pelaksanaan program/kegiatan

  • Mengevaluasi RKAS terkait kesesuaian indikator mutu kegiatan

  • tidak ada jawaban yang sesuai

KS.6.17
Evaluasi pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah Bapak/Ibu

  • Dilakukan setiap akhir tahun pelajaran

  • Dilakukan setiap akhir semester

  • Dilakukan setiap 4 tahun sekali sesuai masa jabatan kepala sekolah

  • Tidak pernah dilakukan

KS.6.18
Program peningkatan mutu sekolah pada tahun ini, meliputi

  • Peningkatan sarana dan prasarana sekolah

  • Peningkatan kualitas pembelajaran

  • Peningkatan mutu pengelolaan/manajemen sekolah

  • Peningkatan pencapaian kelulusan

  • Peningkatan suasana kondusif

  • Pendidikan karakter/akhlak/budi pekerti

  • tidak ada jawaban yang sesuai

KS.6.19
Penetapan struktur organisasi sekolah dilakukan melalui mekanisme

  • Keputusan Kepala Sekolah

  • Mempertimbangkan pendapat Komite Sekolah

  • Evaluasi secara berkala

  • Rapat dewan pendidik

  • tidak ada jawaban yang sesuai

KS.6.20
Hal yang dijadikan pertimbangan oleh bapak/ibu dalam memberikan tugas pada PTK adalah

  • Keahlian staf/guru

  • Komitmen staf/guru

  • Beban kerja staf/guru

  • tidak ada jawaban yang sesuai

KS.6.21
Mekanisme yang dilalui dalam setiap pelaksanaan kegiatan di sekolah bapak/ibu adalah

  • Menyusun Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah

  • Penentuan penanggungjawab dan pelaksana kegiatan

  • Rapat koordinasi pelaksanaan kegiatan dan penentuan mekanisme kegiatan

  • Pelaksanaan Kegiatan

  • Monitoring dan Evaluasi pelaksanaan kegiatan

  • Pengukuran hasil dan dampak serta Penyusunan Laporan Pelaksanaan kegiatan

  • tidak ada jawaban yang sesuai

KS.6.22
Prinsip-prinsip yang telah diterapkan oleh sekolah dalam seleksi penerimaan peserta didik baru

  • Objektif, transparan dan akuntabel

  • Tanpa diskriminasi

  • Berdasar kriteria hasil Ujian Nasional

  • Sesuai daya tampung sekolah

  • tidak ada jawaban yang sesuai

KS.6.23
Kebijakan dan program apa saja yang telah dikembangkan dan diterapkan oleh sekolah dalam upaya pembinaan karakter dan disiplin siswa, antara lain:

  • Tersedianya tata tertib sekolah

  • Implementasi program pengembangan karakter peserta didik

  • Implementasi kedisiplinan dan keteladanan guru dalam keseharian aktivitas sekolah

  • tidak ada jawaban yang sesuai

KS.6.24
Kebijakan pimpinan sekolah dalam peningkatan kualitas pembelajaran dan mutu pendidikan di sekolah adalah

  • Melakukan review kurikulum (peninjauan kembali kompetensi, materi akademik, strategi/metode, penilaian)

  • Penetapan penilaian berbasis kelas

  • Monitoring pelaksanaan kegiatan pembelajaran

  • Implementasi model pembelajaran yang inovatif

  • tidak ada jawaban yang sesuai



STANDAR SARANA DAN PRASARANA

KS.7.19
Kondisi kenyamanan ruang kerja pimpinan / kepala sekolah :

  • Sirkulasi udara baik

  • Kebersihan terjaga

  • Pencahayaan cukup

  • Penataan ruang baik

  • Ukuran ruang memadai

  • Prabot lengkap

  • Peralatan memadai

  • Tersedia sambungan internet

  • Daya listrik yang memadai

  • tidak ada jawaban yang sesuai



STANDAR PEMBIAYAAN

KS.8.5
Bagaimana keterlibatan orang tua peserta didik (wakil) dalam penyusunan RKAS:

  • terlibat dalam penyusunan program dan kegiatan

  • terlibat dalam pengusulan besaran dana kegiatan

  • terlibat dalam penetapan anggaran

  • tidak ada jawaban yang sesuai

KS.8.7
Bentuk bantuan yang diberikan bagi peserta didik miskin adalah:

  • pemberian beasiswa

  • penyesuaian kemampuan iuran sekolah

  • pembebasan uang iuran dan biaya lainnya

  • Pemberian subsidi silang

  • tidak ada jawaban yang sesuai

KS.8.8
Sarana prasarana milik sekolah yang telah dihitung nilai asetnya pada tahun terakhir:

  • Gedung

  • Tanah/Lahan

  • Meubelair

  • Kendaraan bermotor

  • Peralatan multimedia

  • Perabot

  • tidak ada jawaban yang sesuai

KS.8.9
Dokumen laporan pembiayaan yg dimiliki sekolah:

  • catatan tahunan berupa dokumen investasi sarana dan prasarana

  • pembukuan biaya operasionalonal

  • laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan

  • tidak ada jawaban yang sesuai