Visi
Menjadi Sekolah Menengah Pertama yang Efektif, Bermutu serta mampu membentuk siswa cerdas dan berbudaya
Indikator Visi:
-
Terwujudnya pengembangan kurikulum yang berkualitas;
-
Terwujudnya proses pembelajaran aktif dan ramah.
-
Terwujudnya lulusan yang cerdas, kompetitif, beriman dan bertaqwa, serta berbudi pekerti luhur.
-
Terwujudnya kegiatan pengembangan diri yang sesuai dengan karakter budaya lokal.
-
Terwujudnya sarana dan prasarana serta media pendidikan yang menunjang perkembangan iptek.
-
Terwujudnya optimisasi tenaga kependidikan yang kompeten dan berdedikasi tinggi.
-
Terwujudnya manajemen pendidikan efektif, efisien serta optimisasi partisipasi stakeholder.
Misi
Mengacu pada visi sekolah, serta tujuan umum pendidikan dasar, misi sekolah dalam mengembangkan pendidikan ini adalah sebagai berikut:
-
Mewujudkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang lengkap, relevan dengan kebutuhan, dan berwawasan nasional.
-
Mewujudkan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, ramah dan menyenangkan sehingga setiap siswa dapat mengembangkan diri secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki;
-
Mewujudkan penilaian outentik pada kompetensi kognitif, psikomotor dan afektif;
-
Mewujudkan peningkatan prestasi kelulusan;
-
Menumbuh kembangkan budaya karakter bangsa;
-
Mengembangkan potensi siswa dalam menggunakan pengetahuan dan teknologi (Iptek);
-
Mengembangkan kemampuan olahraga, ketrampilan dan seni yang tangguh dan kompetitif;
-
Menciptakan lingkungan sekolah yang aman, rapi, bersih, dan nyaman;
-
Mewujudkan fasilitas sekolah yang interaktif dan memadai;
-
Memiliki tenaga guru bersertifikat profresional;
-
Mengembangkan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan;
-
Menyelenggarakan manajemen berbasis sekolah yang efektif;
-
Menumbuhkan semangat budaya mutu dalam segala aspek secara intensif;
-
Mewujudkan pengelolaan pembiayaan pendidikan yang memadai, wajar dan adil;
-
Mengoptimalkan peran masyarakat dan membentuk jejaring dengan stakeholder yang relevan.
Tujuan Sekolah
Mengacu pada visi dan misi sekolah, serta tujuan umum pendidikan menengah, maka tujuan SMP PGRI 4 Kromengan dalam mengembangkan pendidikan ini adalah sebagai berikut:
-
Melakukan analisis konteks dan mendokumentasikan secara lengkap (Standar Isi)
-
Melakukan review kurikulum SMP PGRI 04 Kromengan berdasarkan hasil analisis konteks (Standar Isi)
-
Semua kelas melaksanakan pendekatan “pembelajaran aktif” pada semua mata pelajaran (Standar Proses)
-
Mengembangkan berbagai kegiatan dalam proses belajar di kelas berbasis pendidikan budaya dan karakter bangsa (SKL)
-
Mewujudkan penilaian outentik pada kompetensi kognitif, psikomotor dan afektif sesuai karakteristik mata pelajaran (Standar Penilaian)
-
Melaksanakan penilaian hasil belajar oleh pendidik, sekolah dan pemerintah (Standar Penilaian)
-
Mewujudkan peningkatan prestasi kelulusan (SKL)
-
Menyiapkan lulusan yang mampu bersaing untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi (SKL)
-
Mengembangkan budaya sekolah yang kondusif untuk mencapai tujuan pendidikan menengah (Standar Pengelolaan)
-
Menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial dan keagamaan yang menjadi bagian dari pendidikan budaya dan karakter bangsa (SKL)
-
Mengembangkan potensi siswa dalam menggunakan pengetahuan dan teknologi (SKL)
-
Mengembangkan kemampuan olahraga, ketrampilan dan seni yang tangguh dan kompetitif (SKL)
-
Menciptakan lingkungan sekolah yang aman, rapi, bersih,dan nyaman (Standar Sarana)
-
Mewujudkan fasilitas sekolah yang interaktif, relevan dan berbasis IT (Standar Sarana)
-
Memanfaatkan dan memelihara fasilitas untuk sebesar-besarnya dalam proses pembelajaran (Standar Sarana)
-
Memiliki tenaga guru bersertifikat profresional (Standar Pendidik dan Tendik)
-
Mengembangkan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan agar mampu melakukan pelayanan secara baik (Standar Pendidik dan Tendik)
-
Menyelenggarakan manajemen berbasis sekolah yang efektif (Standar Pengelolaan)
-
Mengoptimalkan peran komite sekolah sebagai mitra kerja sekolah (standar Pengelolaan)
-
Menumbuhkan semangat budaya mutu secara intensif (SKL)
-
Mewujudkan pengelolaan pembiayaan pendidikan yang memadai, wajar dan adil (Standar Pembiayaan)
-
Mengoptimalkan peran masyarakat dan membentuk jejaring dengan stakeholder (Standar Pengelolaan)
0 komentar:
Posting Komentar