Sistem penyambungan komputer ke internet


Internet adalah jaringan komputer yang sangat besar. Agar terhubung ke jaringan tersebut, komputer memerlukan beberapa hardware dan software tambahan serta perusahaan jasa penyedia layanan internet [ISP].

Hardware untuk mengakses internet

1) Komputer.

Komputer merupakan persyaratan utama untuk melakukan hubungan ke-internet. Komputer dapat diibaratkan HP dalam komunikasi seluler, yang digunakan untuk saling berhubungan dengan komputer lain di-seluluh dunia dalam jaringan internet.

2) Modem.

Modem, modulator demodulator, berfungsi untuk mengubah sinya digital [data] menjadi sinyal analog [suara], demikian pula sebaliknya. Saat komputer menerima sinyal dari internet, maka modem akan mengubah sinyal tersebut menjadi sinyal digital / data yang dapat diterima / dibaca / diproses oleh komputer.
Kecepatan modem mentransfer data diukur dengan satuan bits per second – bps. Misalnya kecepatan modem adalah : 56 Kbps, artinya modem dapat mentransfer data 56 Kbits dalam satu detik.

3) Telephone Line [saluran telepon].

Jaringan telepon digunakan untuk meneruskan data dari modem ke jaringan internet.

4) Ethernet card [kartu jaringan].

Kartu jaringan digunakan untuk meneruskan data dari komputer ke jaringan lokal yang sudah tersambung ke internet. Ini bisanya dilakukan di sekolah, kampus, kantor maupun perusahaan.
5) Handphone [HP]
Digunakan apabila kita hendak menyambung ke internet menggunakan teknologi GPRS.
6) Wifi card. 
Wifi, wireless fedelity, card digunakan untuk menyambung ke internet di daerah yang mempunyai sinyal wifi, sering disebut hotspot.

Software untuk mengakses internet

1) OS [operating system].

OS yang berbasis GUI [graphical user interface], menggunakan sarana grafik / gambar, lebih mudah untuk melakukan akses internet. Contoh : LINUX [dengan berbagai distro], Windows 95 sampai dengan Windows Vista, Mac. OS berbasis teks juga bisa digunakan. OS berbasis teks lebih sulit digunakan, namun menawarkan kecepatan yang lebih tinggi.

2) Web browser    : Mozzila firefox, Interet Exploler, Opera.

3) IRC        : mIRC, Yahoo Massanger, ICQ.

4) E-mail        : Ekiga, Outlook Exspress,

5) FTP           : wuFTP,

ISP [internet Service Provider]

ISP adalah perusahaan penyedia jasa layanan internet. Dengan menjadi pelanggan sebuah ISP, kita dapat terhubung ke internet dan hanya perlu membayar pulsa sesuai dengan yang ditetapkan masing – masing ISP.
Pada perkembangannya, ISP dapat dilakukan dengan berbagai cara dan model, maupun perangkat lain. Misalnya kita bisa meng-akses internet dengan GPRS, melalui handphone sebagai ganti modem.
Pada dasarnya model pembayaran pulsa internet dapat digolongkan menjadi 3:

1) time based [berdasarkan waktu]

Pembayaran pulsa internet dihitung berdasarkan lama waktu penggunaan. Misalnya untuk Telkomnet Instan : Rp. 8000,-/jam; Speedy : Rp. 200.000,-/50 jam

2) volume-based [berdasarkan besar data yang di-download]

Pembayaran dilakukan berdasarkan besarnya data yang di-download [dari internet ke komputer kita] dan upload [dari komputer ke internet]. Misalnya : Telkomnet@flexy : Rp.2,-/Kb; Speedy : Rp. 2.000,-/1000 Kb.

3) langganan per-bulan / persatuan waktu tertentu

biaya pulsa dibayarkan tiap bulan dengan jumlah tertentu tanpa memperhatikan lama penggunaan maupun besarnya data yang di-download. Misalnya : Speedy : Rp. 1.750.000,- / bulan

0 komentar:

Posting Komentar