Suasana Belajar yang Nyaman dan Kondusif

Udara dan suasana pedesaan yang segar dan nyaman merupakan salah satu pendukung kegiatan pembelajaran di SMP PGRI 4 Kromengan. Lingkungan masyarakat yang guyup - rukun memberi pengaruh tersendiri bagi kegiatan belajar para siswanya.

Sarana - Prasarana

Gedung SMP PGRI 4 Kromengan yang representatif ikut mendukung kegiatan belajar mengajar bagi guru dan siswa. Beberapa sarana penunjang lainnya diantaranya Lab. IPA, Lab. TIK, Perpustakaan dan sarana lainnya.

Kegiatan Siswa

Kegiatan siswa yang dilakukan ditujukan untuk membentuk karakter siswa serta agar tidak melupakan jati diri bangsa.

Cerdas Berbudaya - Berbudaya secara Cerdas

Setiap kegiatan sekolah diupayakan selalu melibatkan unsur - unsur kebudayaan lokal. Hal ini dilakukan dengan harapan kebudayaan di Jambuwer (Kearifan Lokal) dapat ikut meningkatkan karekter dan prestasi siswa.

Joint Us at Facebook Page

Temui teman - teman anda di halaman Facebook SMP PGRI 4 Kromengan

Page setup [ pengaturan kertas / halaman]



Page setup digunakan untuk mengatur halaman [page] tempat membuat dokumen. 2 hal pokok yang perlu diperhatikan dalam pengaturan page adalah :

paper format

setting yang berhubungan dengan kertas yang digunakan, meliputi :
Format --> digunakan untuk menentukan kertas yang digunakan, antara lain :
      A4 = 21 X 29,7 cm
      A5 =  14,8 X 21 cm
      letter = 8,5 x 11 Inc.
      folio = 8,5 x 13 Inc.
      dll
Width --> digunakan untuk menentukan lebar kertas secara manual [cm atau inchi]
Height --> digunakan untuk menentukan tinggi kertas secara manual [cm atau inchi]
catatan : bila format kertas telah ditentukan, maka Width dan Height akan terisi secara otolatis. Pengaturan Weight dan Height diperlukan bila ukuran kertas yang diinginkan tidak ada.
Orientation --> digunakan untuk menetukan orientasi kertas. Ada 2 pilihan [option] :
      Potrait
      Lanscape

margin

Setting margin digunakan untuk mengatur jarak bidang kerja / tulisan dari tepi kertas :
  • Left        --> mengatur jarak dari kiri kertas
  • Right      --> mengatur jarak dari kanan kertas
  • Top        --> mengatur jarak dari atas kertas
  • Buttom   --> mengatur jarak dari bawah kertas


 
dalam openoffice writer, pengaturan page dilakukan melalui menu :

format > page

kemudian dapat diisi pengaturan – pengaturan seperti yang tersebut diatas.


Contoh tugas


Buatlah dokumen dengan ketentuan kertas sebagai berikut :
A4 ; margin : atas = 4 cm, bawah = 3 cm, kiri = 4 cm, kanan = 3 cm ; orientasi = portrait.
Buat langkah kerjanya

Langkah kerja :
1)   membuat dokumen baru
2)   mengatur format page

Sistem Operasi / Operating System [OS]

Pendahuluan

Sistem operasi merupakan sebuah penghubung/interface antara pengguna / user dari komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi [OS], orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing-masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri. Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer.
Sistem operasi sangat berkaitan dengan prosesor yang di gunakan. Jenis prosesor pada PC yang umum adalah yang kompatibel dengan produk awal IBM dan Macintosh. PC Macintosh, perangkat lunaknya di kembangkan oleh perusahaan yang sama sehingga perkembangannya tidak sepesat cloning IBM PC. Sistem operasi dari cloning IBM saat ini secara umum terbagi menjadi 2 aliran yaitu komersil yang di buat oleh Microsoft dan yang bersifat freeware yang di kembangkan oleh peneliti dari seluruh dunia karena bersifat open source, yaitu bahan baku pembuatan dapat di baca, sehingga hasilnya dapat di tambah atau di modifikasi oleh setiap orang.

Fungsi Dasar OS

Sistem komputer pada dasarnya terdiri dari empat komponen utama, yaitu perangkat-keras, program aplikasi, sistem-operasi, dan para pengguna. Sistem operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna. Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam suatu negara, dalam arti membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar. Untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan fasilitas yang sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses fasilitas tersebut. Sistem operasi juga sering disebut resource allocator. Satu lagi fungsi penting sistem operasi ialah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.

Sasaran Sistem Operasi

Sistem operasi mempunyai tiga sasaran utama yaitu :
  1. kenyamanan -- membuat penggunaan komputer menjadi lebih nyaman,
  2. efisien -- penggunaan sumber-daya sistem komputer secara efisien,
  3. kemampuan berevolusi -- sistem operasi harus dibangun sehingga memungkinkan dan memudahkan pengembangan, pengujian serta pengajuan sistem-sistem yang baru.


Jenis-jenis Sistem Operasi

Banyak jenis sistem operasi yang bisa digunakan, antara lain : POSIX, UNIX, MS DOS, MS Windows, LINUX, APPLE, dll. Dari sekian banyak OS yang ada, berdasarkan interface-nya / cara berhubungan / interaksi dengan user (pengguna) maka OS dapat dibakan menjadi :
  1. Berbasis TEXT (DOS, POSIX, LINUX)
  2. Berbasi GUI (Graphical User Interface) seperti MS Windows, Mac dan LINUX (LINUX bisa berbasis TEXT dan berbasis GUI).
Berdasarkan lisensi software dibagi menjadi 2:
  1. Propietary / lisenced / copyright: dilindungi undang – undang hak cipta; --> beli
  2. Freeware / opensource / copyleft / GNU : software yang bebas dikembangkan, disebarluaskan dan digunakan tanpa harus membayar.


Apa itu INTERNET?


Dewasa ini dunia komputer dan informasi berkembang sangat pesat, terlebih lagi dengan adanya Internet. Internet merupakan jaringan komputer global yang terbentuk dari jaringan komputer di seluruh dunia yang memungkinkan orang yang terkoneksi bertukar informasi, berkomunikasi, serta berbagi sumber daya komputer. Selain menyediakan media-media online di bidang-bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, bisnis dan sebagainya, dengan Internet orang dapat berkomunikasi dengan cepat dengan memanfaatkan antara lain fasilitas e-mail, messenger atau catting.
Para produsen komputer, terutama mikroprosesor, berlomba-lomba untuk menemukan komputer yang canggih, dan umumnya komputer-komputer tersebut dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan akan informasi, terutama informasi melalui Internet. Internet itu pulalah yang membuat dunia informasi berkembang dengan sangat pesat mencengangkan. Beberapa tahun yang lalu, informasi umumnya hanya diperoleh melalui media massa baik yang bersifat cetak, seperti surat kabar, buku, maupun elektronik, seperti televisi dan radio. Media-media informasi tersebut memiliki beberapa kekurangan, antara lain hanya dapat memberi informasi saja, tetapi tidak dapat “mencarikan” informasi yang kita butuhkan, juga memiliki keterbatasan waktu karena dibatasi oleh waktu terbit maupun waktu tayang. Dengan Internet, kita dapat mencari hampir semua informasi yang kita butuhkan dan tidak terbatas oleh waktu, karena internet “dibuka” 24 jam sehari.

Pengertian Internet

Secara teknis, internet atau interconnected network, (ada yang menyebut international networking) merupakan dua buah komputer atau lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer yang ada di dunia (international). Komputer – komputer tersebut saling berinteraksi dan bertukar informasi atau data. Dengan kata lain, komputer – komputer tersebut melakukan komunikasi.
Sedangkan dari sudut pandang ilmu pengetahuan, internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi yang berupa text, graphic, audio maupun animasi dan lainnya dalam bentuk media elektronik. Sumber daya tersebut (biasa disebut resources) pada perkembangannya dapat saling dikembangkan bersama, dikritik dan dilakukan perbaikan – perbaikan secara bersama – sama sehingga dari waktu – ke waktu semakin meningkat.

Sejarah Internet

Mungkin agak sulit dipercaya bahwa cikal bakal Internet sesungguhnya diawali dari Unisovyet, ketika pada tahun 1957 mereka meluncurkan sebuah satelit bernama Sputnik. Peluncuran Sputnik ini dirasakan sebagai “ancaman” oleh musuh besar mereka, yaitu Amerika Serikat. Presiden Dwight D. Eisenhower menyatakan perlunya membangun sebuah teknologi yang membuat AS tetap sebagai negara superior. Kemudian dibentuklah sebuah badan yang disebut Advanced Research Projects Agency (ARPA). ARPA bernaung di bawah Departemen Pertahanan Amerika Serikat atau Department of Defense (DoD).
Pada tahun 1969, DoD memberi tugas kepada ARPA (Advanced Research Project Agency) untuk membangun sebuah mata rantai komunikasi antara DoD dengan militer yang tidak dapat disabot oleh musuh mereka. Jaringan komunikasi yang diciptakan ini disebut ARPAnet. Pada awalnya, ARPAnet hanya menghubungkan empat buah situs Universitas saja, yaitu :
· Stanford Research Institute (SRI)
· University of California at Santa Barbara (UCSB)
· University of California at Los Angeles (UCLA)
· University of Utah
ARPA mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIK bisa melakukan komunikasi pada jarak yang tak berhingga melalui saluran telephon.
Pada tahun 1970, penelitian yang dilakukan di Stanford University menghasilkan sebuah protokol yang disebut TCP/IP. Protokol TCP/IP inilah yang berkembang terus hingga sekarang dan menjadi protokol standar dalam Internet.
Secara umum, ARPAnet diperkenalkan pada tahun 1972. Pada tahun 1981, jumlah komputer yang terhubung ke ARPAnet hanya 213, kemudian di tahun 1986 bertambah menjadi 2.308 komputer, dan 1,5 juta komputer pada tahun 1993. Pada awal tahun delapan puluhan, seluruh jaringan yang tercakup dalam project ARPAnet diubah menjadi TCP/IP, karena projectnya sendiri telah dihentikan. Jaringan ARPAnet inilah yang merupakan koneksi utama (backbone) dari Internet.
Pada pengambangan selanjutnya ARPAnet dilanjutkan oleh NSF (National Science Fondation), semacam LIPPI di Indonesia. NSF mengubah nama jaringan ARPAnet menjadi NSFNET dimana backbonenya memiliki kecepatan tinggi dan dihubungkan dengan komputer – komputer yang ada di universitas dan lembaga penelitian yang tersebar di Amerika. Pemerintah AS memberikan ijin kearah komersial pada tahun 1990.
jelaslah bahwa awalnya internet merupakan wadah bagi peneliti untuk saling bertukar informasi dan kemudian digunakan oleh perusahaan sebagai sarana bisnis. Saat ini (2003) pengguna internet sudah tersebar keseluruh dunia dengan jumlah pengguna mencapai lebih dari 250 juta orang.
-->

Mengenal komputer


Komputer merupakan salah satu perangkat TIK yang paling penting dan pesat perkembangannya serta dapat merangkum/mewaliki semua peralatan TIK yang pernah ada.
Kata komputer berasal dari bahasa latin computare, yang artinya menghitung; dalam bahasa inggris to compute yang artinya juga menghitung.

Beberapa definisi komputer:

  • sekumpulan alat elektronik
  • dapat menerima data [input]
  • mengolah data [proses]
  • memberikan informasi [output]
  • bekerja secara otomatis dengan aturan / program tertentu yang tersimpan.

SISTEM KOMPUTER

Sistem komputer tersusun atas 3 [tiga] elemen pokok:
1. HARDWARE, perangkat keras / kasar; merupakan rangkaian elektronik.
2. SOFTWARE, perangkat lunak / halus; merupakan program yang tersimpan dan dijalankan oleh komputer.
3. BRAINWARE, merupakan manusia yang merancang, membuat, maupun menjalankannya / SDM

HARDWARE

Hardware komputer secara garis besar terdiri dari 3 [tiga] komponen utama:
1. Prosesor
2. Memori
3. Input Output Device [I/O device]

1. Prosesor [Processor],

Merupakan hardware utama komputer yang mengelola seluruh kegiatan komputer. Biasa disebut sebagai otak komputer.
Prosesor terdiri dari 2 bagian utama yaitu:
1) CU [Control Unit]; yang melakukan pengontrolan semua perangkat yang terpasang pada komputer.
2) ALU [Aritmetic Logikal Unit]; merupakan bagian yang khusus mengolah data aritmatika [menjumlah, mengurang, dll] dan data logika [perbandingan].
Kecepatan kerja prosesor ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unit-nya dalam satuan Hz [Hertz]. Mis: Prosesor dengan kecepatan 400 Mhz, berarti kecepatan memproses 1 intruksi = 1 / 400.106 = 2,5.10-9 detik
Saat ini prosesor yang banyak beredar dipasaran adalah produk dari Intel Corp. seperti : 486, pentium I s.d IV, Celeron, intel Core 2 duo dan AMD [advenced Micro device] seperti : Athlon, Sempron, Duron. Prosesor jenis lain adalah : Apple, Motorola, Cyric, PicoJava, UltraSPARC.
Perkembangan kecepatan prosesor sangat pesat.
1993 :     PI 133 Mhz
2004 :     PIV 2,4 Ghz
2007 :     AMD Athlon X2 4GHz.
Intel Core 2 Duo 2,13 Ghz = 4,26 GHz
Prosesor juga disebut sebagai CPU [Central Processing Unit], unit pemroses utama.

2. Memory

Memori merupakan hardware yang berfungsi untuk tempat  menyimpan informasi sebelum, sedang, atau sesudah diproses oleh prosesor.
Informasi tersebut dapat berupa perintah / instruksi [yang akan dilaksanakan procesor] maupun data [teks, image, audio, vidio]
Berdasarkan sifat penyimpanannya, memori dibagi menjadi 2:
1. ROM [Read Only Memory],
yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja.
Isi ROM tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan / tidak ada aliran listrik. [Volatil]
Dalam perkembangannya ada ROM yang dapat kita hapus dan isi dengan program tertentu.
2. RAM [Random Akses Memori]
berfungsi untuk menyimpan program dan data untuk sementara waktu /selama proses dijalankan.
Isi RAM akan hilang bila komputer dimatikan. [non-volatil]
Berdasarkan fungsinya, memori dibagi menjadi 2 :
1. Primary memory [memori utama]
satu memori utama adalah RAM, sehingga memori utama mempunyai sifat yang sama dengan RAM. Memori utama yang lain adalah : register dan cache [terdapat dalam CPU]
2. Secondary memory [memori tambahan]
memori sekunder biasa disebut media penyiman [storage], yang digunakan untuk menyimpan program dan data secara permanen / tetap.
Memori sekunder mempunyai sifat ROM [hanya dapat dibaca, menyimpan secara tetap] tetapi sebagian besar dapat dihapus dan ditulis ulang.
Media penyimpan.
Macam – macam media penyimpan berdasarkan jenisnya dibedakan menjadi 3.
1. Magnetik
1. Hardisk
2. Floppy disk / disket
2. Optik
1. CD-Rom
2. CD R / RW
3. DVD R /RW
3. Elektrik
1. Flashdisk
2. Memory Card

1. Hardisk

Hardisk merupakan media penyimpan yang umum digunakan untuk sistem komputer. Berbentuk seperti piringan / cakram / disk yang terbuat dari bahan alumunium atau keramik dan diberi bahan magnetik. Hampir semua komputer mempunyai hardisk.
2. Floppy disk / disket
Disket merupakan media penyimpan portabel [dapat dibawa kemana – mana]. Untuk membaca disket diperlukan perangkat yang disebut disk drive. Kapasitas disket adalah 1,44 MB.

3. CD-ROM

CD-ROM adalah media penyimpan yang berbentuk piringan yang disebut disk, sering disebut compact disk [CD]. Media ini membaca dan menulis data menggunakan sinar laser dengan perangkat optiks. CD-ROM dapat berisi program, lagu, film yang dibuat sebelumnya. Sekali ditulis, CD-ROM didadak dapat dihapus.

4. CD R

CD-Recordables, secara fisik bentuk dan kapasitasnya sama dengan CD-ROM, tetapi harga CD dan perangkat untuk menuliskannya [CD RW drive] lebih murah.

5. CD RW

CD RW [Read Write] adalah CD-ROM yang bisa dihapus dan ditulis ulang.

6. DVD R /RW

Digital Versalite Disk bentuk fisiknya sama dengan CD-ROM tetapi mempunyai kapasitas yang lebih besar. Saat ini telah mencapai 17 Gbytes. DVD tidak dapat dibaca oleh CD-ROM drive, tetapi harus menggunakan DVD-ROM Drive.

7. Flashdisk

Menyimpan data secara elektronik, bekerja seperti RAM tetapi data tidak hilang ketika tidak terdapat arus listrik / komputer dimatikan. Media penyimpan ini juga bersifat portabel. Karena kapasitas, daya tahan dan kecepatannya, flasdish telah menggantikan disket. Kapasitas yang tersedia dipasaran telah mencapai 4 GB.

8. Memory Card

Biasa digunakan pada HP, PDA [portable digital assistance] maupun kamera digital. Memory card mempunyai bentuk, model, kapasitas serta nama yang berbeda – beda tergantung pabrik pembuatnya. Misalnya : SD Card, Mini SD, Micro SD, transflash [motorola], stik duo [sony ericson].
Ukuran / satuan media penyimpan ditentukan oleh seberapa banyak data / informasi yang bisa disimpan. Satuan kapasitas atau jumlah data yang ditampung dalam media penyimpan adalah byte.

Konversi satuan memory

1 KBytes = 1024 Bytes
1 Mbytes = 1024 Kbyte
1 Gbytes = 1024 Mbytes
1 Tbytes = 1024 Gbytes
Kilo = K     Mega = M     Giga = G     Tera = T


soal :

1) Mana yang lebih cepat untuk melakukan proses P III 800 Mhz dangan P IV 1,4GHz? Mengapa ?
2) 1 album lagu berisi 12 lagu yang rata – rata ukurannya  file-nya adalah 3,5 MB. Media penyimpan apa yang tepat digunakan? Mengapa?

DOKUMEN PROPERTIES


hal – hal yang berkaitan dengan dokumen

  1. Ukuran kertas
    • A4 : 21 X 29,7cm
    • A5 : 14,8 X 21 cm
    • Letter : 21,59 X 27,94cm atau 8,5 x 11”
    • Folio : 21,59 X 33,02 cm atau 8,5 x 13”
    • Legal : 21,59 X 35,57cm atau 8,5 x 14”
  1. Margin --> batas tulisan dari tepi kertas (batas atas, bawah, kanan, kiri)
  2. Header – footer --> tulisan / komponen dokumen yang terletak diatas / dibawah kertas, diluar margin.
  3. Orientation --> landscape, portrait
  4. Lay-out --> tata letak komponen – komponen dokumen


DOKUMEN SETTING

  1. Paragraph
    1. indent : jarak tulisan dari margin
    2. spacing : jarak antar baris, pilihan : 1 spasi, 1,5 spasi, 2 spasi
    3. aligment : perataan tulisan, 4 pilihan : right, left, justify, center
    4. tab : tabulasi
    5. border : garis tepi tulisan / paragraph
  2. Column :
  3. Character / font : bentuk dan ukuran karakter / huruf
  4. Bullet dan Numbering : poin- poin dan penomoran
  5. Background : latar belakang halaman
  6. Page border : garis tepi halaman


-->

Sistem penyambungan komputer ke internet


Internet adalah jaringan komputer yang sangat besar. Agar terhubung ke jaringan tersebut, komputer memerlukan beberapa hardware dan software tambahan serta perusahaan jasa penyedia layanan internet [ISP].

Hardware untuk mengakses internet

1) Komputer.

Komputer merupakan persyaratan utama untuk melakukan hubungan ke-internet. Komputer dapat diibaratkan HP dalam komunikasi seluler, yang digunakan untuk saling berhubungan dengan komputer lain di-seluluh dunia dalam jaringan internet.

2) Modem.

Modem, modulator demodulator, berfungsi untuk mengubah sinya digital [data] menjadi sinyal analog [suara], demikian pula sebaliknya. Saat komputer menerima sinyal dari internet, maka modem akan mengubah sinyal tersebut menjadi sinyal digital / data yang dapat diterima / dibaca / diproses oleh komputer.
Kecepatan modem mentransfer data diukur dengan satuan bits per second – bps. Misalnya kecepatan modem adalah : 56 Kbps, artinya modem dapat mentransfer data 56 Kbits dalam satu detik.

3) Telephone Line [saluran telepon].

Jaringan telepon digunakan untuk meneruskan data dari modem ke jaringan internet.

4) Ethernet card [kartu jaringan].

Kartu jaringan digunakan untuk meneruskan data dari komputer ke jaringan lokal yang sudah tersambung ke internet. Ini bisanya dilakukan di sekolah, kampus, kantor maupun perusahaan.
5) Handphone [HP]
Digunakan apabila kita hendak menyambung ke internet menggunakan teknologi GPRS.
6) Wifi card. 
Wifi, wireless fedelity, card digunakan untuk menyambung ke internet di daerah yang mempunyai sinyal wifi, sering disebut hotspot.

Software untuk mengakses internet

1) OS [operating system].

OS yang berbasis GUI [graphical user interface], menggunakan sarana grafik / gambar, lebih mudah untuk melakukan akses internet. Contoh : LINUX [dengan berbagai distro], Windows 95 sampai dengan Windows Vista, Mac. OS berbasis teks juga bisa digunakan. OS berbasis teks lebih sulit digunakan, namun menawarkan kecepatan yang lebih tinggi.

2) Web browser    : Mozzila firefox, Interet Exploler, Opera.

3) IRC        : mIRC, Yahoo Massanger, ICQ.

4) E-mail        : Ekiga, Outlook Exspress,

5) FTP           : wuFTP,

ISP [internet Service Provider]

ISP adalah perusahaan penyedia jasa layanan internet. Dengan menjadi pelanggan sebuah ISP, kita dapat terhubung ke internet dan hanya perlu membayar pulsa sesuai dengan yang ditetapkan masing – masing ISP.
Pada perkembangannya, ISP dapat dilakukan dengan berbagai cara dan model, maupun perangkat lain. Misalnya kita bisa meng-akses internet dengan GPRS, melalui handphone sebagai ganti modem.
Pada dasarnya model pembayaran pulsa internet dapat digolongkan menjadi 3:

1) time based [berdasarkan waktu]

Pembayaran pulsa internet dihitung berdasarkan lama waktu penggunaan. Misalnya untuk Telkomnet Instan : Rp. 8000,-/jam; Speedy : Rp. 200.000,-/50 jam

2) volume-based [berdasarkan besar data yang di-download]

Pembayaran dilakukan berdasarkan besarnya data yang di-download [dari internet ke komputer kita] dan upload [dari komputer ke internet]. Misalnya : Telkomnet@flexy : Rp.2,-/Kb; Speedy : Rp. 2.000,-/1000 Kb.

3) langganan per-bulan / persatuan waktu tertentu

biaya pulsa dibayarkan tiap bulan dengan jumlah tertentu tanpa memperhatikan lama penggunaan maupun besarnya data yang di-download. Misalnya : Speedy : Rp. 1.750.000,- / bulan

Apa Itu Komputer


Author: Romi Satria Wahono · Published: November 25, 2008 · Category: Komputer Dasar

Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer. Menurut Hamacher [1], komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. Blissmer [2] mengatakan bahwa, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, menyediakan output dalam bentuk informasi. Sedangan Fuori [3] berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer system) yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
1. Hardware atau Perangkat Keras: peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa djamah.
2. Software atau Perangkat Lunak: program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data.
3. Brainware: manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer.

Penggolongan Komputer

Literatur terbaru tentang komputer melakukan penggolongan komputer berdasarkan tigal hal: data yang diolah, penggunaan, kapasitas/ukurannya, dan generasinya.

Berdasarkan Data Yang Diolah

1. Komputer Analog
2. Komputer Digital
3. Komputer Hybrid

Berdasarkan Penggunannya

1. Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer)
2. Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer)

Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya

1. Komputer Mikro (Micro Computer)
2. Komputer Mini (Mini Computer)
3. Komputer Kecil (Small Computer)
4. Komputer Menengah (Medium Computer)
5. Komputer Besar (Large Computer)
6. Komputer Super (Super Computer)

Berdasarkan Generasinya

1. Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
2. Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
3. Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
4. Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang)
5. Komputer Generasi Kelima

Referensi
1. V. Carl Hamacher, Zvonko G. Vranesic, Safwat G. Zaky, Computer Organization (5th Edition), McGraw-Hill, 2001.
2. Robert H. Blissmer, Computer Annual, An Introduction to Information Systems 1985-1986 (2nd Edition), John Wiley & Sons, 1985.
3. William M. Fuori, Introduction to the Computer: The Tool of Business (3rd Edition), Prentice Hall, 1981.